TETAP BISA MEMANFAATKAN PELUANG

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya tetap tak kalah cerdik dengan masyarakat wonocolo dalam manfaatkan peluang bisnis.
toko pakaian yang memberikan keuntungan tersendiri bagi mahasiswa. Sebagai salah satu lapangan pekerjaannya.

Toko pakaian yang memberikan keuntungan tersendiri bagi mahasiswa. Sebagai salah satu lapangan pekerjaannya.

Menjamurnya usaha – usaha yang tumbuh dan berkembang di kawasan sekitar kampus yakni wonocolo, mulai dari warung makan, warung kopi, toko, konter pulsa, warung internet, dan berbagai lainnya juga turut memberikan angina segar untuk finansial mahasiswa yang bisa memanfaatkan peluang usaha yang ada di dalamnya. Seperti yang diakui oleh salah seorang mahasiswa asal Kediri, Maya. “Karena banyak usaha di sini, otomatis banyak juga lapangan kerjanya,” terangnya.

Hal demikian yang menjadikan gadis yang berkuliah di Fakultas Adab dan Humaniora UINSA ini berani untuk melamar menjadi pegawai kerja sebuah warung internet di aera wonocolo. “Tahun kemarin saya coba melamar di sini, Alhamdulillah keterima. Sampai sekarang akhirnya saya kuliah sambil kerja di sini,” jelasnya.

Tidak hanya Maya, masih banyak mahasiswa UINSA lainnya yang bisa memanfaatkan peluang ini. Seperti halnya Dika, mahasiswa Fakultas Tarbiyah ini lain daripada teman – teman mahasiswa lainnya. Dengan keterampilan yang ia dapat ketika SMK dahulu di bidang mesin mempermudahnya ketika memperoleh pekerjaan. Kini ia pun bisa kuliah sambil kerja, dengan menjadi salah seorang montir di sebuah bengkel yang tak terlalu besar namun selalu ramai.

Ternyata, tidak hanya karena adanya kemampuan mahasiswa dalam memanfaatkan peluang, tapi memang peluang tersebut sengaja diciptakan oleh beberapa pemilik usaha untuk turut melibatkan mahasiswa. “Memang sengaja mbak, ini tokonya di jaga oleh mahasiswi – mahasiswi yang kos di rumah saya, biar mereka juga bisa dapat tambahan uang jajan,” ungkap salah satu pemilik usaha toko pakaian di kawasan Wonocolo. Ibu berumur empat puluh tahun ini yang bernama lengkap Rusdiana juga mengaku bahwasanya usaha yang ia lakoni selama ini ramai juga dari konsumen mahasiswa, maka sudah selayaknya ia berbagi rezeki pula dengan mereka. “Tak ada salahnya juga jika saya memberi mereka lapangan kerja juga disini, karena saya juga merasa banyak mendapat keuntungan dari mereka, para mahasiswa,” pungkasnya.

report : san/din

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s